Selasa, 15 September 2009

Adobe PageMaker 7.0 (post-5)

Gb.5.

Satu set Tool Bar yang berisi tombol-tombol bergambar itu bila perlu bisa kita pindah-pindahkan posisinya sesuai dengan keinginan kita. Caranya? Bila posisi Tool Bar ada di bagian atas layar dan akan kita pindahkan ke sebelah kanan layar, maka kursor kita geserkan ke posisi sudut layar paling kanan sejajar dengan Tool Bar itu (Gb. 5), lalu klik-tahan mouse kita sebentar, maka secara otomatis Tool Bar kita akan berpindah tempat ke posisi sisi layar paling kanan, bentuknya jadi vertikal (Gb. 6).
Bila anda menginginkan posisi ToolBar pindah lagi ke sisi bawah layar, maka sorot areal kosong di bagian bawah Tool Bar (Gb. 7), lalu tekan dan tahan mouse.








Selanjutnya sambil mouse ditekan-tahan, geser (drag) kursor ke bawah kiri/diagonal. Dan lihat Tool Bar berpindah ke sisi layar bawah, diatas deretan Taskbar-nya Windows (Gb. 8), lalu lepas mouse.
Gb. 8.
Gb. 9.
Gb. 10.

Bila Tool Bar dirasa masih perlu dipindah ke sisi kiri layar, maka sorot bagian kosong di kanan deretan Tool Bar-nya (Gb. 9), lalu tekan-tahan mouse, dan drag ke arah kiri layar. Jangan kaget kalau waktu kita mendrag itu, posisi panah kursor kita tiba-tiba berada di tengah-bawah deretan Tool Bar yang sedang kita geserkan (Gb. 10). Teruskan saja men-drag-nya sampai mentok (batas) kiri layar. Sampailah Tool Bar kita pada posisi yang diinginkan (Gb. 11).


Gb. 11. Gb.12.

Kalau masih belum merasa puas dengan posisi sekarang kita bisa memindahkan lagi Tool Bar-nya ke posisi yang netral, di dalam areal kerja kita. Yaitu dengan tekan-tahan kursor di bawah deretan Tool Bar yang kosong (Gb. 12), lalu drag ke tengah layar. Silahkan mau dikemanain lagi tuh Tool Bar!
Kalau masih kurang puas juga..... itu sih keterlaluan namanya, he..he..he...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar