Selasa, 28 April 2009

Adobe PageMaker 7.0 (post-1)

Adobe Page Maker adalah sebuah program yang pada dasarnya diperuntukkan untuk mereka yang berkecimpung di dunia publikasi yang lingkup kegiatannya seputar masalah design dan pengolahan kata. Ada beberapa program lain yang bisa juga dipakai untuk pengolahan kata, dulu kita mengenal Wordstar pada versi Dos, lalu pada versi Windowsnya ada Microsoft Word, WordPad dan NotePad. Namun pengolahan kata dengan program-program itu sangat sederhana dan menurut saya kurang memuaskan untuk pekerjaan yang mulai komplek.
Ada juga program lain yang sejajar boleh dikata begitu, seperti Adobe InDesign dan QuarkXPress, tapi untuk pembahasan di sini saya akan mengulas dan membuka lebih dalam satu program dulu yakni Adobe Page Maker yang memang kebetulan program ini adalah program andalan saya untuk mencari nafkah di dunia publikasi. Selain itu ada program-program pendukung lainnya yang biasa saya gunakan seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Freehand, Adobe Illustrator, Microsoft Power Point, dll. Tapi itu akan saya bahas selanjutnya.
Baiklah kita mulai membahas Program Adobe Page Maker, yang beredar dan lagi 'in' dipakai saat ini yakni versi 7.0.
Adobe Page Maker mampu membuat publikasi dari yang sederhana seperti pembuatan surat-surat, sertifikat, nota, kwitansi, kartu nama, brosur, pamflet sampai pada proyek yang lebih kompleks seperti almanak, direktori, buku-buku tebal, kamus dan lain-lain.
Adobe Page Maker dapat dijalankan pada Komputer yang memiliki Windows 98, 2000, NT ataupun XP. Komputer berkemampuan kecil pun seperti yang saya pakai selama ini yakni Pentium 2, RAM nya 224 MB dengan aplikasi Windows 98, sudah cukup memadai untuk menjalankan program ini, apalagi yang berkemampuan lebih besar lagi, tentu akan lebih leluasa dalam bekerjanya.
Setelah kita siapkan komputernya, silakan Anda install dulu program Adobe Page Maker 7.0 nya, bisa dengan paket yang sudah ada di dalam CD Program, ataupun anda download dari Internet.
Ikuti semua petunjuk yang muncul di layar komputer anda selama proses peng-instal-an itu. Jika anda beruntung prosesnya akan rampung dan anda dinyatakan success oleh komputer, tapi jika tidak..... bisa dicoba-coba terus sampai berhasil, atau bisa minta bantuan rekan anda yang lebih pakar untuk penginstallannya. Tapi pengalaman saya, dari sekian kali menginstall program ini, hanya pernah sekali gagal. Itu dulu. Tapi selanjutnya mulus-mulus saja. Karena memang dulu kalau ada terjadi trouble sedikit saja pada program ini, saya tidak segan-segan untuk meng-uninstall ulang, meng-install lagi... dan lagi... Itung-itung melancarkan belajar meng-install program... he... he... he...
(ikuti postingan berikutnya yah.....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar